Makanan Sehat Untuk Jantung

Thursday, September 11th 2014. | Jantung

Makanan Sehat Untuk Jantung » Pola hidup sehat yang kurang diperhatikan seperti kurang bergerak, pola makan tinggi lemak dan stres, termasuk bagian dari kehidupan orang modern. Tidak heran kalau angka penyakit kronis, termasuk penyakit jantung, terus meningkat.

Makanan Sehat Untuk Jantung

Berolahraga, minimal 150 menit steiap minggunya, adalah menjaga kebugaran tubuh. Tetapi, untuk memperoleh manfaat maksimal dari olah raga, kita juga perlu menjalani pola makan sehat.

Ada banyak makanan sehat yang dipilih, tetapi apa yang terbaik untuk menjaga jantung tetap sehat, berikut diantaranya:

  • Salmon dan ikan berlemak lainnya
    Salmon dan ikan berlemak mengandung asam lemak omega-3 dan antioksidan sangat baik untuk kesehatan jantung, bahkan dikatakan manfaatnya melebihi dari daging lainnya. Omega-3 merupakan tipe lemak tak jenuh yang dapat menurunkan kadar kolesterol “jahat” dengan mengurangi kadar peradangan pada tubuh.Asam lemak omega-3 juga kerap dikaitkan dengan kadar trigliserida, tekanan darah, risiko stroke, risiko gagal jantung, dan risiko penyumbatan darah yang lebih rendah. Salmon juga mengandung selenium, antioksidan lainnya yang bermanfaat melindungi jantung dari stres oksidatif.
  • Oatmeal
    Rasa dari makanan satu ini mungkin tidak terlalu enak, tetapi menambahkannya dengan madu, selai kacang, pisang, stroberi, atau bluberi mampu memperbaiki rasanya. Selain itu, manfaat yang diperoleh dari makanan ini pun sangat baik untuk kesehatan jantung dan tubuh secara keseluruhan. Oatmeal juga mengandung serat larut, folat, dan potasium.
  • Walnut dan almond
    Sama seperti salmon, walnut dan almond mengandung asam lemak omega-3 yang bermanfaat untuk kesehatan jantung. Kacang-kacang ini juga mengandung vitamin E, magnesium, folat, dan serat. Penelitian membuktikan, makan satu genggam kacang-kacang ini setiap hari dapat menurunkan kadar kolesterol dan risiko penyakit jantung.
  • Bluberi
    Bluberi sering kali disebut sebagai makanan super karena mengandung antioksidan poten resveratrol. Banyak studi menyebutkan, resveratrol memiliki peran untuk menurunkan risiko penyakit jantung. Faktanya, sebuah studi asal Harvard University menemukan, mengonsumsi bluberi dengan stroberi dapat menurunkan risiko serangan jantung lebih dari 30 persen.
  • Teh hijau
    Tak hanya karena rasanya yang unik sehingga menjadi favorit banyak orang, teh hijau juga telah lama diketahui memiliki manfaat kesehatan. Pakar obat-obatan herbal asal Tiongkok telah menggunakannya selama berabad-abad. Teh hijau mengandung resveratrol dan katekin yang meningkatkan kandungan antioksidan, mencegah pembentukan plak di pembuluh darah, dan peran antikanker.
  • Kacang merah
    Kacang merah juga mengandung asam lemak omega-3 dan serat. Hal ini arti, dengan mengonsumsinya, risiko penyakit jantung pun menurun. Di samping kandungan asam lemak omega-3 yang mampu mengurangi peradangan di dalam tubuh, serat larut yang dikandungnya juga dapat mengurangi kadar kolesterol.
  • Tomat
    Makanan yang menyehatkan jantung tidak lengkap jika tidak mencantumkan sayuran. Faktanya, sayuran merupakan makanan yang paling bermanfaat bagi tubuh, dan salah satunya tomat. Tomat mengandung likopen, karotenoid yang berhubungan dengan penurunan risiko stroke.

Dengan menjaga pola hidup yang baik seperti rajin berolahraga, menjaga pola makan yang sehat, maka kita termasuk membantu dalam menjaga kesehatan jantung supaya bisa baik dan lancar sebagai peranannya dalam tubuh kita.

Itulah informasi yang bisa kami share kan untuk kali ini semoga artikel Makanan Sehat Untuk Jantung ini bermanfaat untuk semuanya, kususnya bagi yang sedang menderita penyakit jantung, semoga tetap sehat.

tags: , , , , ,